Based on true story Penulis :  https://twitter.com/cerita_setann/status/1203606862026854400 Ilmu hitam memang tetap menjadi momok y...

Cermis : Hartaku habis karena santet




Based on true story
Penulis : https://twitter.com/cerita_setann/status/1203606862026854400
Ilmu hitam memang tetap menjadi momok yang menakutkan. Salah satu ilmu hitam yang populer di Indonesia adalah Santet. Sejak jaman dahulu, Santet memang selalu menjadi ilmu hitam yang terkenal di Indonesia. Melalaui perantara yang disebut dengan dukun seseorang bisa terkena penyakit atau ilmu-ilmu hitam yang mengerikan.
Dukun Santet pun sering dihubungkan memiliki “kenalan” dengan kekuatan-kekuatan gaib yang mengerikan. Kali ini, saya akan menceritakan kejadian yang di alami oleh teman saya.
Mas Tomi asli orang Y, dia sudah berkeluarga dan mempunyai 1 anak. Dia terkena guna-guna oleh seorang wanita lain, sebut saja dona. Mas Tomi kenal dona sudah lama kurang lebih 1,5th setelah berkeluarga. Hanya sebatas teman bukan apa-apa.
Mas Tomi mempunyai pekerjaan di pertambangan di pulau K , pulang ke kota Y setiap 3bulan sekali. Kebetulan dia menjabat sebagai SPV di pekerjaannya, di bagian area terlarang dan perakitan bahan ledak.
Di cerita ini harta materi mas Tomi habis semua dan ditinggal istri beserta anak tercintanya. Karena akibat guna-guna dari mbak dona yg tentu saja mb dona juga sudah berkeluarga.
Semua saya kembalikan ke pembaca ya mau percaya apa tidak.
Mari kita mulai ceritanya.
Awal tahun 2019, Tomi kebetulan sedang ada libur kerja, dia balik ke pulau J di kota Y.
Seperti hari² biasa dirumah ktmu istri dan anak tersayang.
"Assalamu'alaikum" Salam mas tomi.
"Waalaikumsalam" Ucap istri.
"Alhamdulillah mas sudah balik, gmn mas kerjaannya" Tanya istri
"Alhamdulillah dek lancar² aja kok, thole dmn dek? " Jawab mas Tomi.
"Itu lg tidur mas, kecapean seharian main td sama anak² tetangga" Ucap istri.
(Thole sebutan untuk anak laki²nya)
"Yawes ak tak istrahat dlu dek, capek diperjalanan tadi dari pulau K ke pulau J.
"Iya mas itu sudah tak siapin aer panasnya untuk mandi" Ucap istri.
"Suwun ya dek" Jawab mas Tomi.
Mas Tomi kebangun gara² pusing dikepalanya, gak seprti pusing pd umumnya, dia merasakan seperti ada yg meremas kepalanya. Tp tetep positif thinking mungkin karena kecapean saja.
Semakin malam malah semakin menjadi pusingnya sampe mau berdiri saja gak bisa, istrinya jg kebangun karena mendengar suara mas Tomi kesakitan.
"Knp mas? Kok kesakitan gitu" Tanya istri.
"Iyo iki dek mumet banget" Jawab mas Tomi.
"Ini mas minum air putih anget dlu" Ucap istri.
"Nuwun dek, gak koyo biasane iki mumete" Kata mas Tomi.
"Kekeselen mgkin mas " Ucap istri
"Iyo mgkin dek, yowes tak nggo bobok meneh wae" Jawab mas Tomi.
Tiba-tiba pusingnya hilang gitu aja tp mas Tomi merasakan ada sesuatu di atap rumahnya seperti ada hujan pdhal gak hujan. Di tengok di jendela kamarnya dan memang gak ujan, mgkin reruntuhan dahan pohon yg terkena angin. Batinnya.
Di lanjut lagi tidurnya.
Keesokan harinya mas Tomi melihat² HP nya kalau ada kabar dri kerjaan yg penting. Ada salah satu chat dari seorang perempuan, tertulis nama kontaknya mb dona.
"Halo mas gimana kabarnya" Dona.
"Loh tumben ini mb dona WA saya" Batin mas Tomi.
"Alhamdulillah baik mb, gmn mb ada apa kok tumben ini
Tiba-tiba mb dona ngechat ngajak ktmu mas Tomi karena sudah lama gak ktmu, dan di "iyain" Sama mas Tomi, gak ada rasa curiga atau apapun karena jg mb dona tmnnya mas Tomi udah lama.
Setelah mereka bertemu di tempat kerjanya mb dona, ya seperti bertamu biasa, disuguhi -
Minuman dan makanan, ternyata dari awal mb dona ngajak ktmu mas Tomi itu ada tujuannya.
"Permisi buk, mb dona ada ndak? " Tanya mas Tomi kpd pemilik laundry.
"Oh ada mas, gmn mas mau ambil laundryan ya?" Jawab bu bani.
"Mboten buk, mau ktmu aja soalnya sudah ada janji sama mb dona mau ksini bertamu" Ucap mas Tomi.
"Njih mas dtunggu aja nanti jg kedepan, soalnya td baru kebelakang ambil setrikaan" Jawab bu bani.
Dari belakang sudah terlihat mb dona berjalan kedepan sedang membawa secangkir minuman dan camilan.
"Eh mas Tomi sudah datang, udah dari tadi mas? Kata mb dona.
" Belum mb barusan aja sampe ini" Ucap mas Tomi.
"Sini mas masuk dulu, lama gak ktmu, udah sukses aja ni kayaknya"-
Ucap mb dona.
"Alhamdulillah mb ini jg karena doa istri kan semua pasti lancar" Ucap mas Tomi.
"Ini mas di unjuk (diminum) dulu tehnya" Kata mb dona.
"Iya mb makasih malah ngrepotin" Ucap. Mas Tomi.
"Ssrruuuuppppp"
Wah enak mb tehnya seger. Hehehe
"Iya dihabiskan aja mas nanti nambah kalo mau lagi" Candaan mb dona.
Hahahaha.... (Mereka ktwa bersama)
Ternyata mb dona sudah menaruh sesuatu di tehnya mas Tomi untuk menjadi korbannya.
Jadi sebelumnya mb dona pergi ke kota W untuk meminta bantuan orang pintar -
Guna membuat laki-laki bisa menurut apa yg di suruhnya.
Dan gak hanya mas Tomi aja yg jadi korbannya, ada lebih dari 5 orang yang di buat mb dona seperti itu termasuk suaminya sendiri.
"Edyaaannnn"
Karena sudah "menggampangkan" Untuk mencari uang, mb dona seperti sudah terjerumus ke ilmu Hitam. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang.
"Mb, aku pamit dlu ya mau pulang, ini istri sm anak mau ngajak jalan² , lama gak ktmu keluarga jg kangen ingin jalan-jalan" Ucap mas Tomi.
"Oh iya mas tidak apa apa, makasih mas udah mau mampir ksini, kapan² kita jalan² jg ya mas" Sahut mb dona.
"Heh? Muka bingung mas Tomi.
Karena mas Tomi jg orangnya sembletengan ajakan mb dona itu di "iyain".
Belum tau kalau kedepannya akan berujung maut buat mas Tomi.
Ini ceritanya saya percepat ya karena emg yang dirasakan mas Tomi waktu itu setiap harinya pengen ktmu trs sama mb dona, dikarenakan minuman dan makanan yg di kasihkan waktu itu sudah di jampi-jampi sama mb dona.
Seiring jalannya waktu, tiap hari mas Tomi kepikiran mb dona terus, hampir tiap hari mereka ktmu jalan berdua dan sampai berhubungan suami istri. Padahal mb dona sudah memiliki suami dan anak. Seperti yg saya jelaskan di atas kalau suaminya mb dona pun ikut jadi korbannya.
Agar suami mb dona nurut , karena suaminya gak kerja dan kluntang klantung dirumah kontrakannya.
Tiap ktmu, mas Tomi selalu di berikan makanan dan makanan itupun selalu di jampi-jampi agar semakin kuat pengaruhnya.
Sampai² mas Tomi lupa selupa lupanya kalau mas Tomi itu sdh beristri dan punya anak. Seakan akan ingtan keluarganya di tutupi sama mb dona.
"Mas ngopo sik awakmu, kok bedo saiki, koyo lali anak lali bojo" Ucap istri
"Opo sih maksute dek, mgkin perasaanmu wae" Timpa mas Tomi.
( mas knp sih kamu, kok beda sekarang, seperti lupa anak istri)
"Iyo mas saiki jarang banget nyanding keluarga, akeh metu bengine, nopo mas kepencut wedokan lio? " Ucap istri.
(Iya mas skrg jarang bgt kumpul keluarga, banyak keluar malamnya, apa dapet kenalan wanita lain)
"Hush ngomong opo sih dek, mbok jangan mikir sik ora², wis ak meh turu sik " Jawab mas Tomi.
( hush bicara apa sih kamu dek, jangan mikir yg tidak², udah ak mau tidur dulu)
Sewaktu mas Tomi tidur, istrinya mencoba membuka HP suaminya.
Dan ternyata dugaan istrinya benar kalau mas Tomi dekat sama wanita lain. Malam itu istri mas Tomi nangis, gak menyangka kalau suaminya bisa seperti itu.
Keesokan harinya sewaktu mas Tomi membuka HP, dia terkejut karena chatingan di WA terbuka tepat di kontaknya mb dona.
Terjadilah cek cok dengan istrinya dirumah.
Tp mas Tomi tetap menyangkalnya dan membiarkannya istrinya seperti itu, sperti mas Tomi sudah dibutakan oleh mb dona.
Tiba saatnya mas Tomi sedikit sadar akan hal yg aneh ini, setelah istrinya mas Tomi -
Meminta untuk pisah dan untuk mengurus surat pengadilan, karena istri mas Tomi sudah gak kuat sudah stres akan kelakuan suaminya. Dan anehnya mas Tomi juga meng"iyakan" Kata kata istrinya itu.
Jadi seolah olah mas Tomi ini bonekanya mb dona.
Yang nurut seperti sapi kalau sedang di tunggangi nya. Seperti gambar di cover judulnya. Secara gaib di muka mas Tomi ada sebuah tali yg melingkar seperti gambar diatas. Semoga pembaca paham ya.
Dan entah mengapa semua yg di minta mb dona itu di turuti semua sama mas Tomi.
Dari membelikan TV, kulkas, mesin cuci, bayar kontrakan, hutang keluarganya mb dona sampai kebutuhan anaknya mb dona di cukupi. Hampir semua yg keluar untuk mb dona -
Kalau di total sekitar 70-80jt , sedangkan untuk kebutuhan anaknya sendiri aja gak dikasih, anaknya minta dibelikan sepeda aja sampai gak dibelikan tp kalau anaknya mb dona di turuti.
Sampai suatu saat mas Tomi seperti orang bingung,
Setelah pisah nya mas Tomi sama istri, mas Tomi balik lagi ke pulau K karena libur kerjanya sudah selesai. Disana mas Tomi selalu kepikiran sama mb dona terus, sampai kerjaannya gak fokus. Tiap hari harus VC sama mb dona.
Pada suatu saat sewaktu mas Tomi mengendarai -
Truk pertambangan, dia gak fokus sampai dia nabrak baru yang mengakibatkan kerusakan pd truk tersebut. Dari pihak perusahaan gak mau tau, mas Tomi harus di SP dan disuruh sementara di balikan dulu ke kota kelahirannya kota Y. Dia di skorsing selama 6 bulan.
Selama mas Tomi masih di pulau K, setiap bulan dia selalu mengirimi uang buat mb dona, entah kenapa dia selalu nurut apa yg mb dona ucap. Sampai uang gajiannya selalu habis. Buat nyukupi hidup sendiri saja sampai gak kuat.
Sesampainya di kota Y, mb dona meminta untuk ketemu mas Tomi. Dia meminta di belikan HP baru.
"Mas belikan HP baru ya, ini HP ki udah jelek" Kata mb dona.
"Iya mb tak belikan tpi HP mu yg lama saya pake ya buat saya biar HP nya jg ganti" Tawar mas Tomi.
"Iyo mas dipake aja gpp" Ucap dona.
Saking pinginnya HP baru, mb dona gak sempet buat hapus semua data di HP nya. Dan apa yang terjadi ketika mas Tomi membuka semua file² di HP mb dona yg lama.
"Asuuu, iki opo maksute kok chatingane karo lanangan kabeh gek ngejak kelon kabeh" Batin mas Tomi.
(Asu ini apa maksutnya kenpa chatingannya sama laki² semua dan ngajak tidur semua)
Jadi di setiap chatingan tersebut semua sama seperti yg di lakukan sama mas Tomi.
Dia meminta uang dari semua laki² tersebut, dan memberinya tp dengan ajakan tidur bareng.
"Woooo... Lonthe tenan iki" Batin mas Tomi.
Tp di benak mas Tomi gak bisa marah sama mb dona, selalu "lulut" ( nurut) sama mb dona.
Itu yg membuat mas Tomi banyak pertanyaan.
Setelah di cek semua file yang ada di HP tsb, mas Tomi jg mengecek di aplikasi belanja online.
"Edyaannnn, iki tetukon opo kok minyak bulu perindu barang di tuku" Batin mas Tomi.
Oalah opo iki sik marai ak manut karo de'e.
(Gila ini beli apa knp ada minyak bulu perindu juga di beli, apa ini yang membuat aku nurut sama dia)
Gak habis pikir mas tomi., dia langsung menemui tmnnya yg ada di daerah CCatur.
Dia menanyakan hal² yang di landa mas Tomi selama ini.
"Gus ak meh cerito" Ucap mas Tomi.
(Gus ak mau cerita)
"Wes rasah mbok ceritakno ak wes paham" Jawab Gus.
(Sudah tidak usah di ceritakan saya sudah paham)
" Paham seko ndi, ak rung cerito kok".ucap mas Tomi.
(Paham darimana saya belum cerita kok)
"Iyo ak paham nek awakmu ki lg di gawe karo uwong" Ucap Gus.
( iya ak paham kalo kamu baru di buat² sama orang)
"Bener Gus, tulungi ak Gus ak nek ngene terus bakalan edyan, bondo ku entek kabeh, ak di pegat karo bojoku" Ucap Tomi.
(Benar Gus, tolongin saya, saya kalau seperti ini terus bisa gila, hartaku habis semua, saya di gugat sama istriku)
"Yowes, kene tak netralke , tp syarate ojo pisan pisan meneh nyeraki de'e nek ra kw bakalan di gawe² meneh karo de'e. Karo sesuk Poso ngebleng pas wetone de'e, 2 dino 2 wengi" Ucap Gus.
( yasudah sini saya netralkan,tp syaratnya jangan sekali-kali dekatin dia lagi-
Atau kamu bakalan di buat² lagi sama dia. Sama besok kamu puasa ngebleng pas wetonnya, 2hari2malam)
Dan disni pas mas Tomi meminta bantuan tersebut, mb dona tau² menelfon mas Tomi, seakan-akan mb dona tau kalau mas Tomi mau disembuhin.
"Rasah di gagas, kui de'e nelfon awakmu, de'e ngerti nek awakmu lg njaluk tulung kon nambani" Ucap Gus.
(Gakusah di urusi, dia nelfon kamu karena dia tau kalau kamu lagi minta tolong untuk di sembuhin)
"Iyo Gus tak blokire sik kontake ben ra ganggu" Ucap mas Tomi.
( iya Gus saya blokir dlu kontaknya biar gak ganggu)
Setelah semuanya selesai, Gus berpesan sama mas Tomi, kalau selama dia puasa ngebleng jangan menghubungi mb dona.
Liat apa yg akan terjadi.
Tepat jam 12malam mas Tomi niat untuk puasa ngebleng 2hari2malam. Dalam proses puasa tersebut tidak gampang karena yg namanya puasa itu tidak makan tidak minum.
"Pucet tenan raiku, lg sedino Poso rasane koyo ngene" Batin mas Tomi.
( pucat benar mukaku, baru puasa sehari -
Rasanya sudah seperti ini)
Mas Tomi langsng tidur agar bisa kuat, saat tidur itu mas Tomi bermimpi, mimpi yang seperti kenyataan. Dia bertemu dengan dirinya sendiri dan menanyakan kenapa kamu puasa ini.
"Awakmu ngopo Poso, meh njaluk opo" Ucap kembarannya dlm mimpi.
(Dirimu kenpa puasa, mau minta apa)
Dalam mimpi tsb mas Tomi hanya diam, gak bisa berkata apa² karena ketakutannya.
"Bruukkkk" Suara tubuh terjatuh
Mas Tomi terjatuh dari kasurnya. Ternyata hanya mimpi tp kenapa seperti kenyataan. Mas Tomi masi bingung.
Dalam waktu yg sama ternyata mb dona jg di gangguin sama makhluk besar hitam dan bermata merah, kaki mb dona diseret sm makhluk itu. Seakan-akan sesuatu terjadi sama mas Tomi.
Esok paginya ada nomor gak dikenal menelfon mas Tomi.
"Haloo... Ini siapa ya? Kata mas Tomi.
" Mas ini aku dona, kok nomerku diblokir knp?" Jawab dona
"Oh kepencet mb kmrin, gak sengaja trs lupa" Ucap mas Tomi.
"Mas ak pengen ketemu, kangen" Ucap mb dona.
Entah kenapa mas Tomi terbujuk dengan rayuan mb dona untuk ketemu.
Dan apa yang terjadi , mb dona mengajak mas Tomi untuk melakukan hubungan intim. Di saat itu mas Tomi sedang puasa, tp apa daya dengan rayuan itu mas Tomi gak bisa mengelaknya. Pesan dari Gus jg terabaikan.
Ternyata mb dona sudah tau kalau mas Tomi sedang puasa ngebleng.
Gagal sudah usaha Gus untuk menyembuhkan mas Tomi.
Semua BPKB motor mas Tomi, emas batangan dan nama orang sekitarnya menjadi jalan buat menghasilkan uang guna mencukupi permintaan mb dona.
Bunyi telfon berdering dari Gus.
"Halo... Tom kepie awakmu kok malah mbatalke kabeh sik wingi tak peseni" Ucap Gus.
(Halo.. Tom kenapa kamu kok membatalkan semua yang saya pesani)
"Ngapurane Gus, ak raiso njogo, mbuh kenopo ak manut banget karo de'e" Ucap Tomi.
( saya minta maaf Gus, saka gak bisa menjaga, gak tau kenapa saya selalu nurut banget sama dia)
"Yowes tom, ak isane mbantu mung tekan semono, ilmuku iseh kalah karo dukune de'e" Ucap Gus.
(Yasudah tom, saya bisanya mmbatu sampai disitu, ilmuku masih kalah sama dukunnya dia)
Maap updatenya agak lama, karena saya harus janjian jg sama YBS untuk lanjutan ceritanya.
Pagi harinya mas tomi bergegas untuk menyalakan aplikasi ojek onlinenya. Kebetulan mas tomi menyewa akun ojol untuk menambah penghasilan seharian nya. Hari itu sebelum mas tomi bertemu dengan saya.
"Siittttt... Suara decit rem sepeda motor.
" Loh mas tomi, kok kebetulan bisa ktmu disini" Ucapku.
Kita gak sengaja ketmu di kampus U**.
"Gmn mas kabarnya? Lama gak ktmu, katanya di pulau K mas njenengan? Tanyaku.
" Alhamdulillah mas kurang apik"jawab tomi.
"Iyo mas belum lama ak balik dari K, trs nyambi ngojek" Imbuhnya.
"Mas punya kenalan orang pinter ndak?" Tanya tomi.
"Maksute mas? Orang pinter gmn? Jawabku.
" Gini mas ak ki di gawe² sama orang, semua hartaku ludes mas di poroti sama wedokan" Ucap tomi.
"Heh? Di poroti mas? Lha hubungane mbek orang pinter apa? " Jawabku.
"Iya mas ak mau nanyain masalah itu" Kata mas tomi.
Mas tomi menceritakan semuanya dari awal mereka bertemu hingga saat saya bertemu mas tomi.
"Oalah, ada sih mas tetangga saya ada yg bisa " Jawabku.
"Lah yowes mas, kapann bisa ktmu sama orangnya? " Tanya tomi.
"Ya sik mas, saya janjikan dlu sama orangnya, soalnya kalo blm janjian gak bisa ktmu" Ucapku.
"Oke mas nanti apa besok saya dikabari ya" Ucap tomi.
"Siap mas tp jgn nyusu² (buru²) ya mas, takut kalo ganggu bapaknya" Ucapku.
"Iyo mas tp secepatnya yo mas aku di kbari" Tanya tomi.
"Oke mas" imbuhku.
Setelah ngobrol sanasini, mas tomi menceritakan lagi, sempat gak percaya jg, tp mas tomi juga membuktikan dari chat WA sama video itu dan melihatkan foto wanita itu.
Dan benar saja, di bayangan mata wanita itu ada sesosok wanita berpakaian putih, dan itu nyata saya melihatnya.
Pandangan wanita itu kosong, tp di pantulan foto pada matanya ada sosok wanita, seperti kuntilanak. Itu bukan pantulan karena foto wanita itu baru VCan sama mas tomi dan dia screenshot.
Sehari berlalu, akhirnya orang pintar itu bisa di janjikan untuk ketemu dirumahnya. Sebut saja orang pintar itu bapak joko.
"Halo pak joko, ini saya( sebagai saya sendiri) , pak hari ini bisa ktmu tidak? Ini teman saya mau ketemu pak joko" Tanyaku. "
"Oh iya mas bisa, tp nanti habis dhuhur ya? " Jawab pak joko.
"Njih pak nanti saya kabari kalo kerumah" Imbuhku.
"Baik mas" Ucap pak joko.
Setelah saya janjikan sama pak joko, akhirnya mas tomi bisa ketemu dengan pak joko.
"Assalamu'alaikum " Tok.. Tok.. Tok...
"Waalaikumsalam mas, sini masuk" Ucap pak joko.
"Terimaksih pak" Imbuhku.
Setelah di persilahkan masuk sama pak joko dan kita duduk di ruang tamunya. Mas tomi sampe keheran-heranan karena ruangan itu di penuhi dengan barang pusaka -
Dan foto ratu Kidul.
Ceritanya pak joko memang ada hubungannya dengan ratu Kidul. Dan itu benar karena memang ilmu pak joko sudah banyak yang tau, sudah banyak yg dibantu mulai dari hal kecil sampai yg paling kuat.
"Pak joko ini teman saya mas tomi yang tadi saya beritahu kalo mau ktmu njenengan" Ucapku.
"Oh iyo mas saya sudah paham, mas tomi bisa liat fotonya mbaknya ndak? " Ucapku pak joko.
"Loh pak saya blm cerita kok pak joko sudah tau ya " Ucap tomi.
" Iya mas sudah kelihatan kok itu, di wajahnya mas tomi ada seutas tali yang melingkar di hidung sampe di leher, seperti sapi yg sedang di ikat " Ucap pak joko.
"Maksutnya pak" Imbuh mas tomi.
Disini saya juga sampe bingung, saya liat² di muka mas tomi. Gak ada apa²nya.
"Itu tali gaib mas, jadi masnya nurut banget sama seseorang yg sudah di garapnya" Kata pak joko.
"Iya pak bener banget ini, semua harta saya habis pak, mau beli rokok sebatang saja susah pak" Ucap. Mas tomi sambil bercanda.
Setelah mas tomi memberikan foto wanita itu, pak joko langsung menarik sesuatu yang tidak terlihat dalam foto wanita tersebut. Pak joko menarik lagi , ada sekitar 3x yang ditarik pak joko.
Dan pak joko menjelaskan, kalau ini memakai media boneka. Dari kota W.
Di boneka itu tertulis nama mas tomi. Dan benarnya pak joko juga tau kalau korban dari wanita itu banyak. Ternyata wanita itu sudah menghalalkan cara ini untuk menghasilkan uang. Saat menerawang lagi pak joko juga melihat kalau wanita itu-
Mempunyai khodam wanita yang mengerikan, dia sudah ada perjanjian dengan khodam tersebut. Kalau nyawa wanita itu sebagai tumbalnya. Dan khodam itu di isi dengan instan jadi wadahnya akan gak kuat.
Pak joko lalu menetralkan mas tomi dan menghilangkan tali yg melingkar di hidung itu. Dan diberikan 1liter air untuk mandi seusai dari rumah pak joko. Sebelum pulang, pak joko juga mengambil sesuatu dari tubuh mas tomi.
Mas tomi disuruh sila, dari belakang pak joko sepeti mengambil sesuatu. Yg dirasa mas tomi seprti kesetrum di badannya. Saat itu mas tomi langsung pingsan, Tetapi hanya sebentar.
10menitan mas tomi terbangun, dalam keadaan bingung. Kata pak joko itu wajar, karena energi mas tomi terkuras waktu pengambilan tadi.
Keesokan harinya mas tomi mengabari kalau pagi itu rasanya berbeda tidak seperti hari sebelumnya. Dan Alhamdulillah semua sudah berakhir. Mas tomi bisa melakukan aktivasi seperti dulu lagi yang gak ada gangguannya.
-TAMAT-


0 komentar:

Note: Only a member of this blog may post a comment.